Skip to main content

Cara membuat Snowflake di OpenGL menggunakan Codeblocks

Membuat Snowflake di OpenGL menggunakan Codeblocks


Program Snowflake :


 
#include 
#include 
#ifdef __APPLE__
#include 
#else
#include 
#endif

float a = 0.0;

void object(){
    glBegin(GL_LINE_STRIP);
    glVertex2f(5.0,5.0);
    glVertex2f(6.0,5.0);
    glVertex2f(6.5,5.5);
    glVertex2f(6.8,5.5);
    glVertex2f(6.3,5.0);
    glVertex2f(7.3,5.0);
    glVertex2f(7.7,5.4);
    glVertex2f(7.9,5.4);
    glVertex2f(7.5,5.0);
    glVertex2f(8.5,5.0);
    glVertex2f(8.8,5.3);
    glVertex2f(9.0,5.3);
    glVertex2f(8.7,5.0);
    glVertex2f(9.5,5.0);
    glVertex2f(9.8,4.95);
    glEnd();
}
void object2(){
    glBegin(GL_LINE_STRIP);
    glVertex2f(5.0,4.9);
    glVertex2f(6.0,4.9);
    glVertex2f(6.5,4.4);
    glVertex2f(6.8,4.4);
    glVertex2f(6.3,4.9);
    glVertex2f(7.3,4.9);
    glVertex2f(7.7,4.5);
    glVertex2f(7.9,4.5);
    glVertex2f(7.5,4.9);
    glVertex2f(8.5,4.9);
    glVertex2f(8.8,4.6);
    glVertex2f(9.0,4.6);
    glVertex2f(8.7,4.9);
    glVertex2f(9.5,4.9);
    glVertex2f(9.8,4.95);
    glEnd();
}
void display(){
    glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // bersihkan layar
    object();

    for(int x=0; x<5 0.0="" 0="" 1.0="" 5-2="" a="=" argc="" argv="" b="" char="" coding="" display="" for="" glclearcolor="" glcolor3f="" glflush="" glloadidentity="" glmatrixmode="" glrotated="" gltranslatef="" gluortho2d="" glut_rgb="" glutcreatewindow="" glutdisplayfunc="" glutinit="" glutinitdisplaymode="" glutinitwindowsize="" glutmainloop="" glutpositionwindow="" if="" int="" ke="" layar181="" main="" menampilkan="" myinit="" object2="" object="" odul="" return="" void="" x="">
Penjelasan Program :

glBegin(GL_LINE_STRIP);membuat garis lurus pada setiap vertex. glColor(GL_COLOR_BUFFER_FIT);adalah fungsi untuk membersihkan layer. Void object();membuat object snowflake 2 sisi atas dan bawah. float a = 0.0;membuat variable global. for(int x=0; x<5 0.0="" 5x="" 60="" a="" agar="" akan="" bernilai="" br="" dan="" dengan="" derajat="" di="" fungsi="" glrotated="" gltranslate="" gltranslatef="" if="" jika="" kondisi="" lalu="" looping="" maka="" membuat="" memindahkan="" mengatur="" menggukan="" nilai="" object="" pengecekan="" presisi.="" rotate="" sebanyak="" terlihat="" tersebut="" variable="" x="" y="" z="1,"> glLoadIdentity();digunakan agar object yang ada di display tidak berantakan ketika menggunakan transformasi.

Comments